close
divahoki88.com

Rabu, 05 September 2012

Jenis-jenis, Perbedaan dan Penyebab dari Kegatalan

Hanya ada 2 alasan yang membuat orang garuk-garuk, kalau bukan karena gatal maka kemungkinan besar orang tersebut sedang grogi atau salah tingkah. Garuk-garuk karena gatal ada banyak penyebabnya dan bisa dibedakan dari jenis gatalnya.

Penybab dan Perbedaan dari Gatal-gatal
Jenis-jenis gatal menurut penyebabnya antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (5/9/2012).

1. Gatal seperti dikerubuti semut
Kemungkinan penyebabnya adalah menopause, sebab gatal yang seperti ini erat hubungannya dengan perubahan hormonal. Kandungan omega-3 dalam minyak ikan bisa meredakannya, demikian juga dengan minum banyak cairan untuk menjaga kelembaban kulit.
2. Gatal yang perih, panas dan merah di kulit
Kemungkinan penyebabnya adalah alergi setelah bersentuhan dengan sesuatu, misalnya perhiasan logam, sarung tangan karet atau benda lain. Cara paling mudah agar tidak kena gatal yang seperti ini adalah dengan menghindari penyebabnya, setelah lebih dulu melakukan tes alergi.
3. Gatal yang tajam dan menusuk-nusuk
Kemungkinan penyebabnya adalah eksim atau eczema, biasanya disertai ruam dan bercak kemerahan yang muncul tiba-tiba. Salep yang mengandung hidrokortison bisa meredakan keluhan ini, atau hubungi dokter jika tidak sembuh-sembuh atau gejalanya malah makin parah.
4. Gatal disertai ruam merah atau kecoklatan
Kemungkinan penyebabnya adalah efek samping pengobatan, terutama penisilin atau antibiotik lainnya. Tidak ada pilihan lain, efek samping ini hanya bisa dicegah dengan mengganti antibiotik lama dengan antibiotik lain yang lebih cocok.
5. Gatal seperti terbakas setelah panas-panasan
Kemungkinan penyebabnya adalah alergi sinar matahari yang merupakan reaksi sistem imun berlebih, atau disebut polymorphic light erruption. Bedak kalamin, krim kortikosteroid dan tablet antihistamin bisa dipakai untuk meredakannya.
6. Gatal biasa tapi panas dan sakit di kulit
Kemungkinan penyebabnya adalah urtikaria atau dalam bahasa awam disebut biduran. Gejala ini biasanya muncul akibat alergi makanan sedangkan pengobatannya cukup dengan obat anti alergi atau disebut juga antihistamin.
7. Gatal ringan tetapi tidak hilang-hilang
Jika disetai bercak abu-abu keperakan, maka kemungkinan penyebabnya adalah psoriasis atau radang di permukaan kulit yang susah disembuhkan. Lotion yang mengandung vitamin D atau asam lemak omega-3 bisa mengurangi radang yang ditandai dengan rasa gatal.
8. Gatal ringan biasa
Tanpa disertai gejala lain, kemungkinan penyebabnya hanya kulit kering atau xerosis. Pelembab kulit seperti hand and body lotion saja sudah cukup untuk mencegahnya, lalu hindari juga sabun atau shampoo yang kandungan detergennya terlalu keras.

Sumber : health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar