close
divahoki88.com

Minggu, 22 Juli 2012

Tips Tepat Membantu Anak Menurunkan Berat Badan

Memiliki anak-anak yang berbobot badan lebih kelihatannya lucu dan menggemaskan. Tapi, hati-hati kegemukan akan berbuah pada berbahayanya kesehatan di kemudian hari.  Bila Anda terlanjur memiliki anak yang obesitas, tidak ada salahnya mulai saat ini mencoba membantu menurunkan bobotnya. Berikut beberapa cara dari Health Tips untuk membantu anak-anak menurunkan berat badan.  

Sarapan bisa turunkan berat badan (foto:101weightloss)
1. Buatlah makanan sehat untuk keluarga. 
Isilah kulkas Anda dengan buah segar. Atau sajikan di meja makan. Selain buah bisa juga sayuran segar, keju rendah lemak, kacang-kacangan, dan makanan ringan untuk seluruh keluarga. Menurut sebuah penelitian terbaru di Journal Archives of Family Medicine, keluarga yang makan bersama dengan anak-anak memiliki pola makan lebih sehat daripada mereka yang tidak melakukannya. 
2. Jadilah teladan. 
Sebagai orangtua, kebiasaan makan Anda secara langsung mempengaruhi perilaku makan anak. Jika hanya satu orangtua menderita obesitas, secara statistik menyebutkan ada kesempatan 25% lebih anak akan mengalami kelebihan berat badan ketika ia besar nanti.
3.Tidak menyebutkan kata diet. 
Jika Anda menempatkan anak pada diet, pada dasarnya Anda justru sedang mengaturnya ke dalam godaan makan seperti lemari makan, pesta makan, atau beberapa jenis godaan lain. Salah satu yang paling efektif dalam metode penurunan berat badan dan menjaganya tetap fit adalah menciptakan perubahan gaya hidup.
4. Jadilah pendukung. 
Dukunglah anak dengan umpan balik positif. Berilah inspirasi dan tunjukkan kasih sayang. Daripada mengatakan, “Kamu perlu menurunkan berat badan”, lebih baik katakan, “Mari kita mulai merawat tubuh dan menjadi sehat”. Tunjukkan pada anak apa yang dapat mereka makan, bukan apa yang tidak bisa mereka makan. Misalnya, katakan kepada mereka, “Mari kita pergi memilih dan membeli buah-buahan.” daripada, “Kamu tidak boleh makan itu”.
5. Sediakan porsi bagiannya. 
Alih-alih melayani makanan secara prasmanan, lebih baik sediakan porsi makanannya ke piring. Bila ada sejumlah besar makanan di depan mata, sangat mudah mata kita akan lebih besar daripada perut. Bila disediakan sesuai porsinya, biasanya dorongan untuk makan lebih banyak cenderung berkurang.
6. Jadilah aktif. 
Keluarlah dan lakukan sesuatu yang aktif secara teratur. Berjalan-jalan dan membuatnya menjadi menyenangkan, jadi membuat sesuatu yang diharapkan oleh anak-anak. Jika terjangkau, daftarkan anak-anak dalam kegiatan fisik seperti menari atau kegiatan lain yang dapat dinikmati dan dilakukan secara teratur. Atau bisa dilakukan bersama di rumah bermain musik sambil berdansa atau menari.
7. Sarapan. 
Penelitian telah menunjukkan, sarapan yang terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak, akan menjaga anak-anak lebih terfokus pada sekolah. Penurunan berat badan jauh lebih sulit bagi orang yang tidak sarapan.

Sumber : intisari-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar