close
divahoki88.com

Minggu, 22 Juli 2012

Kanker Prostat Dapat dideteksi Melalui Tes Urine

Sebuah tes urine baru bisa membantu dokter mendeteksi kanker prostat dan evaluasi yang lebih baik dalam memilih pengobatan yang akan dilakukan.

Kanker Prostat deteksi dengan tes Urine
"Ini sebuah alat yang membantu pasien dan dokter dalam memilih apakah perlu dilakukan biopsi sekarang atau nanti dulu," ujar kepala peneliti Dr. Scott Tomlins, dari University of Michigan Health System.

Tes itu mencari dua penanda genetik yang berhubungan dengan kanker prostat. Yang pertama disebut TMPRSS2:ERG, disebabkan oleh dua gen yang berpindah tempat dan bergabung bersama-sama; ini yang diperkirakan sebagai penyebab kanker prostat. Berhubung penggabungan gen itu hanya terlihat pada sekitar separo pasien kanker, maka tes juga mencari penanda lain, dikenal dengan PCA3.

"Kami sedang memanfaatkan beberapa bio-marker baru untuk mencoba memurnikan tes antigen spesifik prostat (PSA)," kata Tomlins.
Tes PSA dapat mengindikasikan kanker prostat, tapi tidak dapat dipercayai, sering memberikan hasil yang salah. "Anda bisa saja memiliki angka PSA rendah tapi terkena kanker, atau angka PSA tinggi dan ternyata tidak terkena kanker. Nah, dua penanda genetik tadi kemungkinan lebih bisa dipercaya. Satu dari mereka, TMPRSS2:ERG, hanya muncul di kanker," kata Tomlins.

Bersama dengan PCA3 tadi, dokter bisa menentukan tingkat risiko seseorang terkena kanker prostat dan menentukan apakah perlu dilakukan biopsi sekarang atau tidak. Namun, Tomlins memperingatkan bahwa tes ini tidaklah sempurna. "Susah untuk tak menyarankan seseorang menjalani biopsi sebab selalu ada kesempatan kanker terselip yang tak terlacak dari dua penanda tadi," kata Tomlins.

Untuk penelitian itu, kelompok Tomlins mempelajari urine dari 1.312 lelaki yang memiliki angka PSA tinggi dan harus menjalani biopsi atau pembedahan untuk mengangkat prostat. Secara khusus para peneliti mencari dua penanda dan menggunakannya untuk mengelompokkan pria dalam kelompok risiko terkena kanker prostat (tinggi, sedang, rendah). Mereka kemudian membandingkan hasilnya dengan data dari biopsi, yang dilakukan menggunakan sebuah jarum suntik untuk mendeteksi semua sel kanker. Berdasarkan biopsi, kanker ditemukan sebanyak 21% pada pria dengan kategori risiko rendah, 43% pada pria risik sedang, dan 69% pada kelompok risiko tinggi.

Para peneliti menyatakan bahwa penemuan tes urine berhubungan dengan ukuran tumor dan keganasan kanker. Pada kelompok risiko rendah, hanya 7% yang memiliki kanker ganas, dibandingkan dengan 40% pada kelompok risiko tinggi.
Salah satu batasan penelitian ini adalah kebanyakan pasien adalah ras kulit putih. Maka perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk ras lainnya. Hal ini diamini oleh Dr. Anthony D'Amico, pakar kanker prostat yang merupakan kepala radiasi onkologi di Brighma and Women's Hospital di Boston. "Hasil penelitian itu selangkah lebih maju namun kita masih perlu langkah selanjutnya." 
Sumber : intisari-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar