close
divahoki88.com

Rabu, 20 Juni 2012

Sekarang Diabetes Serang Anak-anak dan Remaja

Berhati-hatilah dengan pola makan anak-anak Anda. Jika asupan makanannya tidak dipilah secara cermat maka dapat berakibat buruk, seperti penyakit diabetes. Ini merupakan gangguan serius yang dikaitkan dengan konsumsi makanan tidak sehat yang memicu kadar glukosa tinggi .

Diabetes serang Anak-anak dan remaja (secure.lifescan)
Saat ini, diabetes banyak menyerang anak dan remaja terutama diabetes tipe dua. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa hampir setengah dari remaja di AS, terdiagnosis gagal mengendalikan gula darah mereka. Lalu,  satu dari lima mengalami komplikasi serius.

Jika tidak dikontrol dengan baik, maka kondisi ini dapat memengaruhi ginjal, mata, jantung, dan saraf. Menurut ahli endokrinologi, Scotts Isaacs, masalah umumnya pada remaja adalah tidak mau mendengarkan apa yang orang tua katakan. Ini juga yang mengakibatkan mereka tumbuh dengan obesitas dengan diabetes tipe dua.

"Mereka akan makan apa yang mereka inginkan dan sumber utama kalori pada remaja berasal dari minuman manis, soda, dan makanan ringan. Semua ini merupakan hal terburuk untuk diabetes," katanya seperti dikutip dari Sheknows.

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, diabetes tipe dua terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau ketika pankreas berhenti memproduksi insulin yang cukup. Faktor-faktor seperti berat badan berlebih, tidak aktif dan keturunan memainkan peranan penting.

Memang,agak sulit untuk mendeteksi diabetes tipe dua pada anak-anak. Harus melalui tahap tes darah dan tes ini memerlukan waktu diagnosis yang cukup lama. Namun ada beberapa gejala yang bisa diketahui. Antara lain, haus berlebihan, sering buang air kecil, kelelahan atau kurang energi, dan acanthans nigrans yaitu penggelapan kulit antara jari tangan dan kaki dan dekat tulang belikat.

Jika hal ini terjadi pada anak Anda, segera periksakan ke dokter agar dapat diberikan penjelasan akan gejala yang dideritanya. Dibutuhkan pula bantuan dan perhatian dari orangtua untuk memperhatikan pola makan yang seimbang. Pengendalian glukosa dalam darah pada pasien diabetes tipe dua masih bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan yang sehat dan disiplin berolahraga.

Sumber : life.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar