close
divahoki88.com

Rabu, 23 Mei 2012

Buah Sawo, Mengadung Banyak Nutrisi

Banyak mengandung Nutrisi
Buah ini punya rasa yang manis legit dengan tekstur empuk agak masir. Bentuknya bulat telur, dan kulitnya tipis bertekstur halus. Buah sawo dikenal luas di berbagai negara, terlebih di Asia Tenggara. Selain manis enak, sawo juga menyimpan nutrisi tinggi buat tubuh!
Sapodilla atau sawo ini baik untuk kesehatan pencernaan, karena mengandung 5.6g serat harian dalam setiap 100 gram penyajian. Sawo mengandung antioksidan poliphenolic tannin, yang mampu menghalau bakteri dalam tubuh. Kandungan tannin yang tinggi juga ada di dalam buah delima dan anggur.

Sawo juga mengandung vitamin A dan C tinggi. Dalam 100 gram sawo mengandung vitamin A 60 IU, dan juga bisa memenuhi 24% (14.7mg) kebutuhan vitamin C dalam satu hari. Vitamin C yang terkandung dalam sawo bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, serta menjaga kesehatan gigi.

Dalam irisan sawo segar, terdapat pula nutrisi seperti potassium, tembaga, folat, niacin, dan juga asam pantothenic. Senyawa-senyawa ini sangat penting untuk menunjang kesehatan dan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Buah yang berbentuk oval berujung agak runcing ini berasal dari Meksiko dan kawasan Amerika Tengah. Kini, beberapa negara seperti Filipina, India, Pakistan dan Bangladesh juga dikenal sebagai penghasil buah bernama binomial manilkara zapota ini.

Sawopun punya nama berbeda di beberapa wilayah. Dalam bahasa Inggris, sawo disebut dengan sapodilla, dan dalam bahasa Perancis bernama sapotillier. Di Filipina buah ini bernama chico atau tsiko, sementara di India dan Pakistan, masyarakat mengenalnya dengan nama chikoo dan juga sapota.

Sumber: food.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar