close
divahoki88.com

Jumat, 16 September 2011

Di Aragon Rossi Pakai Sasis Aluminium

Filippo Preziosi sebagai direktur teknis tim Ducati benar-benar memberikan kebebasan kepada Valentino Rossi untuk menggunakan part dalam pengembangan motor Ducati di ajang balap MotoGP. Keluhan pada penggunaan sasis karbon fiber yang selama ini dikeluhkan oleh Rossi pun, dijawab dengan penggunaan sasis aluminium mulai di MotoGP seri Aragon (18/9) akhir pekan ini.

Kabarnya bukan hanya menggunakan bahan sasis yang baru, namun konfigurasi sasis yang baru pun mereka gunakan. Jadi bentuknya tidak seperti deltaboks seperti yang digunakan di motor tim pabrikan lainnya, namun kabarnya menyerupai sasis trellis yang pernah digunakan oleh Casey Stoner di awal kiprahnya bersama tim Ducati tahun 2007 lalu.

Nah, akhir pekan ini di Aragon Motorland, Rossi mulai menggunakan sasis baru tersebut. Tentu saja, harapannya agar dia bisa mengubah peruntungan Ducati dan dirinya, yang sampai dengan seri ke-13 di San Marino dua pekan lalu, hanya mampu satu kali naik podium. Sasis aluminium buatan spesialis sasis yang bermarkas di Inggris, FTR, sudah diuji coba di Mugello pekan lalu.

Meskipun demikian, sasis yang akan dipakai merupakan versi aluminium serat karbon saat ini. Artinya, sasis tersebut tidak konvensional seperti konsep yang digunakan Honda, Yamaha, dan Suzuki, di mana tiga pabrik Jepang itu menggunakan sasis tiang kembar.

Terbatasnya sesi pengetesan motor secara privat oleh tim-tim balap saat ini, memang tidak menjadi halangan bagi tim yang berbasis di Italia itu dan Rossi. Mereka pun menjadikan setiap seri tersisa untuk melakukan pengetesan motor, untuk melihat potensi part yang akan mereka gunakan untuk musim depan.

Rossi mengatakan: "Saya akan mencoba salah satu motor (sasis) aluminium dalam latihan nanti. Di Mugello, motor terasa sudah lebih baik, dan juga catatan waktu lap lebih bagus. Jadi, kami menggunakan balapan ini sebagai uji coba. Dalam hal bentuk, aluminium berbeda dengan karbon. Ini bukan rangka. Filosofi Ducati tetap sama, tetapi bagian depan motor yang sedikit berbeda.

Bravo.... The Doctor........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar